Random Songs; Let’s Drink Coffee!



Ngantuk? Kurang bersemangat? Tentu saja, solusinya ngopi. Olahan biji tanaman Coffea sp. yang dikeringkan lalu dihaluskan ini adalah favourite beverage bagi banyak sekali orang. Bukan hanya membuat mata melek, kopi juga menjadi inspirasi bagi para K-Pop songwriter. Mari minum kopi sambil mendengarkan lantunan lagu mengenai kopi, klop dah!
커피(keo-pi): coffee 
===================================

Kopi kan macem2 berdasarkan pengolahan dan penyajiannya. Apa sih jenis kopi kesukaanmu? Simply espresso, americano, cappucino, ato malah iced coffe, tentu banyak sekali pilihan lainnya. Kalo Urban Zakapa pas ujan2 suka minum Caffe Latte. Jo Hyun-ah, Choi Jae-man, Kwon Soon-il, dan Park Yong-in kompakan Drinking Coffee sambil dengerin smooth-soul-pop-love-song (walopun akhirnya acara minum kopi tidak lagi berempat, hanya bertiga saja karena Choi Jae-man memilih untuk minum kopi di rumah aja). “In a rainy day like today. Together we listened to this song. I stare into space for a while and smile” Keterusan deh, lalu jadinya ngelamunin cinta lama alias mengenang memori manis bersama mantan, jiaaah. “Baby, baby, you’re caramel macchiato. Still, near, my lips, your scent is sweet. You’re more than the scent of caffe latte. To me, you, who’s so warm and smells so beautiful. But it can’t be more beautiful and it’s just a memory.” 
커피를 마시고(Drinking Coffee/Caffe Latte) - 어반자카파(Urban Zakapa)
(Single) Urban Zakapa - 커피를 마시고(Caffe Latte) [2009.07.20]
#1 커피를 마시고 (Main Version)
#2 커피를 마시고 (Arpeggio Version) (Crystal S. Remix)
(Mini Album) Urban Zakapa - Sweety You [2009.12.10]
#6 커피를 마시고 (Main Version)
#10 커피를 마시고 (Arpeggio Version) (Crystal S. Remix)
(Album) Urban Zakapa - 01 (Vol. 1) [2011.05.17]
#2 커피를 마시고 (Reprise)

Music Video (Live performance)
Complete lyrics, romanization & translation here.
===================================

Kekuatan kopi tidak hanya membuat mata melek, tapi juga menarik cinta datang. Masa sih? Setidaknya itu kata Zia & Hanbyul yang menemukan cinta saat minum kopi di cafe, wooo, boleh nih bisa dicoba! “We sit across each other in a quiet cafe. We sip with our faces filled with smiles. Putting white whip cream on our noses. We talk love as if we’re whispering.” Hmm, love starts blossoming With Coffee. “With your sweet lips like syrup. You’re like a macchiato, tempting me. Just like being filled with the warmth of a cup of cofee. Love spreads inside mt heart, with coffee. I love you like a poem, like a cup of coffee.”
With Coffee - 지아 (Zia), 한별(Hanbyul)
(Single) 지아 (Zia), 한별(Hanbyul) - With Coffee [2013.05.14]
#1 With Coffee
(Mini Album) 레드애플(Led Apple) - Bad Boys [2013.06.17]
#6 With Coffee (By 지아 & 한별)

Official Music Video
Complete lyrics, romanization & translation here.
===================================

Kayak rasa kopi, cinta juga pahit coy, sama seperti yang dirasain Yoseob yang baru putus cinta. Doi sampe insomnia mikiran mantan, bahkan mandi lagi biar bisa tidur, lho??? “It’s late, I need sleep and I already counted all the sheep in my head. In order to fall asleep somehow, I showered again. I keep drawing your face out the ceiling when I close my eyes.” Yoseob terjebak dalam perasaan love-hate sama si mantan, cinta tapi benci sampe2 si mantan diibaratkan sebagai Caffeine, sigh. “Cause you’re like caffeine, I can’t fall asleep all night. My heart keeps racing and again, I hate you. I try to stay away. I try to forget you but I can’t do it, I can’t help it. You’re so bad to me, oh girl you’re like caffeine.”
카페인(Caffeine) -양요섭(Yang Yo-seob)
(Mini Album) 양요섭(Yang Yo-seob) - The First Collage [2012.11.26]
#2 카페인 [feat. 용준형(Yong Jun-hyung) of Beast]

Official Music Video
Complete lyrics, romanization & translation here.
===================================

Jadi kepengen minum kopi sekarang kan, yuk ke beli dulu ke coffee shop. Hmm, bingung pilih warung kopi yang sesuai selera. I'll recommend two coffee shops here, dijamin tempatnya asik dan kopinya juga enak, hahaha.
Pertama, bagi penggemar suasana yang cozy jazzy mampir aja ke Coffee Shop langganannya B.A.P. Kalo pas jalan2 ke Amrik (sayangnya jaoh ya), di tempat ini mungkin kita bisa ketemu Daehyun, Youngjae, Jongup, Himchan, Yongguk ato Zelo (itung2 ketemu seleb, wkwkwk). Mereka bilang kalo tiap hari tanpa kenal musim yang berganti udah kayak kebiasaan minum kopi di tempat ini sama seperti saat masih bersama seseorang dulu. “Monday, Tuesday, everyday. Summer, Winter, Spring and Fall. Everything is changing, but why am I at the same place, waiting for you? The coffee shop that we used to go to. Our coffee shop.” Jangan kuwatir, mereka udah move-on kok dari cinta lama ini, jadi siapapun punya kesempatan buat daftar jadi pacar, hahaha. “Your silky hair, your white t-shirt and sneakers, your coy walk. I see you in my dreams but it doesn’t make my heart rush anymore, girl.  Just like how the strong coffee aroma disappears. You have faded as well.”

Coffee Shop - (비에이피)B.A.P

(Single) B.A.P - Coffee Shop [2013.06.28]
#1 Coffee Shop
(Mini Album) B.A.P - Badman [2013.08.06]
#4 Coffee Shop

Official Music Video
Complete lyrics, romanization & translation here.
===================================

Coffee Shop yang satunya lebih cocok bagi pecinta suasana spiritful pop-rock, tentu saja karena yang punya adalah CNBlue. Cowok-cowok ganteng ini buka usaha warung kopi yang terbuka bagi siapa aja tanpa pandang bulu (termasuk juga yang gak punya bulu, hahaha). “Coffee shop oh my coffee shop. Sweet and lovely couples. Upset and crying people. All are sitting in here. Holding a cup of coffee.” Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk ‘n Jongshin memang ingin para pengunjung untuk kumpul2 dan bisa ngobrol2 sampe puas. “Oh gather together and come here. Everybody coffee shop. Say out everything. Your troubles, everything and anything.”
Coffee Shop - 씨엔블루(CNBLUE)
 (Mini Album) 씨엔블루(CNBLUE) - Re:BLUE [2013.01.14]
#2 Coffee Shop

Music Video (Live performance)
Complete lyrics, romanization & translation here.
===================================

So, let’s drink coffee everybody!
Cheers!

Article's Notes:
>> Ulasan ini saya tulis berdasarkan isi lagu jadi belum tentu sesuai dengan kenyataan yang terjadi pada si penyanyi, jadi isinya agak2 bercanda, jangan dipercaya begitu saja, hahaha.
>> Lirik lagu saya cuplik dari English translation yang bisa dibaca selengkapnya melalui link yang saya sediakan. Lirik yang tertulis sedikit saya sunting untuk mengambil essence dari lagunya, dan juga demi keringkasan, hehehe.
>> Saya juga memberikan keterangan mengenai single atau album dari lagu bersangkutan, karena ada lagu yang dirilis lebih dari satu kali atau dinyanyikan dalam versi yang berbeda, asal masih dalam jangkauan pengetahuan saya.

Artist/song's Notes:
>> Urban Zakapa sebenarnya adalah band indie yang saat debut (2009) memiliki 9 anggota dengan 4 vokalis (tercantum di atas) dan 5 instumentalis. Salah satu vokalis Choi Jae-man memilih keluar dan tanpa keterangan yang jelas grup ini selanjutnya bertransformasi menjadi Trio (grup vokal, 2011) dengan tetap mengusung nama yang sama. Jadi, lagu Drinking Coffee dinyanyikan oleh empat 4 orang di mini album Sweety You, sedangkan di live performance video hanya dinyanyikan oleh 3 orang saja.
>> Zia & Hanbyul berkolaborasi menghasilkan duet manis With Coffee. Lagu ini sebenarnya termasuk dalam mini album Bad Boys punya elektro-band Led Apple, karena si dimple Jang Hanbyul merupakan salah satu vokalis band ini.
>> Yang Yoseob sebagai lead-vocalist boyband Beast menjajal bersolo karir melalui mini album The First Collage ini, makanya lagu andalan Caffeine juga dibantu rapper sesama personil Beast Yong Jun-hyung.
>> Musik B.A.P sebenarnya lebih mainstream, pop with hip-hop touch like any other boyband in K-Pop scene. Lagu Coffee Shop ini lumayan berbeda genre karena bernuansa lounge-jazz, apalagi pianis jazz Song Young-joo ikut menyumbangkan talentanya di bagian instrumental sehingga lagu ini terasa lebih soothing lagi. Video musiknya juga diambil dari berbagai tempat ikonik di USA termasuk Los Angeles, Las Vegas, Santa Monica, San Francisco, Washington D.C. dan New York City. Jadi, sebenarnya warung kopinya ada dimana sih? Bingung. Ada yang pernah ke tempat2 tersebut? Sapa tahu aja kamu mengenal tempat syutingnya, hahaha.
>> Untuk lagunya CNBLue yang Coffee Shop saya tidak bahan obrolan, wkwkwk....

See you at the next tunes!
Salam lestari, Tien ^^

Credit/Source:
[kpopexplorer.net] [youtube.com: 1, 2, 3, 4, 5]
[princessoftea.com] [beautifulsonglyrics.blogspot.com]

Comments

Popular posts from this blog

Afgan - Wajahmu Mengalihkan Duniaku [Lyrics with English Translation]

Sirkulasi Darah pada Janin Manusia (Human Fetal Blood Circulation)

Afgan - Bukan Cinta Biasa [Lyrics with English Translation]