Random Songs; Love is in the Wind



Angin berhembus....
바람(ba-ram): wind
Kalo cuaca sedang panas, enaknya dengerin lagu yang bikin adem sambil ngadep kipas angin. Biar lebih afdol, lagunya juga mengandung angin, hahaha.  Wuuushhh, ternyata banyak juga yang memakai angin untuk menggambarkan cinta dalam lagu. Bbrrr, beneran nih, hembusannya berasa sampe ke hati!
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Diva Lee So-ra ingin bercerita tentang hembusan angin. The Wind Blows, membawa perasaan sedih yang tersisa dari perpisahan, ehmmm. “The wind blows, hollow scenery blows into my sad heart. I bring back the past time in cold air. Love is tragedy. Our memories are written in different words. The world is the same as yesterday. Time is flowing, and I am the only one who has changed alone. Wind blows over my head once holding a memory holding a thousand pieces of gold. Tears run down.”
 (바람이 분다)The Wind Blows – 이소라(Lee So-ra)
 (Album) 이소라 (Lee So-ra) – 눈썹달 [2004.12.10]
#3 바람이 분다

Music Video (Live performance)
Complete lyrics, romanization & translation here & here.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Wax menyuarakan perasaan Ki Seung-nyang yang terjebak dalam cinta segitiga dengan Wang Yoo dan Ta Hwan. Seseorang telah masuk ke dalam hatinya seperti angin yang berhembus, angin cinta alias Love Wind, wuuussh. “When you come to me, your smile shines the sunlight onto darkness that was before me. When you get far away, the way you look at me makes the rain fall on my dry day. You become a love wind and are blowing. You are seeping into my heart. I love you, I couldn’t say these words to you but I linger around you like a habit.”
사랑 바람(Love Wind) – 왁스(Wax)
(Single) 왁스(Wax)기황후(Empress Ki) OST Part.2 [2013.11.18]
01. 사랑 바람

Official Music Video
Complete lyrics, romanization & translation here & here.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Om Naul yang emang songwriter handal berkisah dengan sangat apik mengenai kenangan yang tersimpan dalam angin. Dengan mengenang Memory of the Wind, ia berharap orang yang disayanginya untuk terus hidup dan berbahagia, pesan yang indah, kan. “When the wind blows and shakes up my heart. I think of the past times, and close my two eyes. The silent trembling that passes me by. At that small sound, I open my eyes. Our trust, our love. The eternal promises. If you remember me, then strongly walk forth. Our meet, our separation. The faded memories. If you loved me, then smile.”
바람기억(Memory of the Wind) – 나얼 (Naul) of 브라운 아이드 소울(Brown Eyed Soul)
(Album) 나얼(Na-Ul) – Principle Of My Soul [2012.09.20]
#7 바람기억

Official Music Video
Complete lyrics, romanization & translation here.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Sekarang giliran Om Young Joon yang mengungkapkan sebuah cerita dalam lagu mengenai angin. Song of Wind menggambarkan betapa Yoo Eun-soo & Choi Young yang tidak pernah ingin terpisah, sampe2 takut sang kekasih hilang terbawa angin, jiahhhh. Mereka berjanji untuk selalu bersama walopun dunia berusaha memisahkan. Kalopun nanti harus terpisah, mereka percaya takdir untuk bertemu lagi, aseeekk. “When the wind blows by you, it seems like you’ll silently leave. So I stand still and close eyes, and I hug you with all my strength. Love with you, memories with you. It will go on forever, I promise you. Even if the world that cast me aside will separate us, I won’t cry. One love, one memory, we’ll be together again.”
Song of Wind(바람의 노래) – 영준(Young Joon) of 브라운 아이드 소울(Brown Eyed Soul)
(Single) 영준, 오준성신의(Faith) OST Part.6 [2012.10.08]
#1 바람의 노래 (Wind’s Song) by영준
(Album) VA -신의(Faith) OST [2012.10.22]
#5 바람의 노래

Official Music Video
Complete lyrics, romanization & translation here.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Wind Flower berisi harapan seseorang agar cintanya bisa tumbuh dan mekar menjadi bunga angin di hati orang yang dicinta. IU mewakili perasaan Deok Man pada Kim Yoo-shin, yang cintanya tak kesampaian karena keadaan. In the other hand, Yesong menggambarkan usaha Bi Dam untuk mencuri hati Deok Man, yang berakhir tragis pula. Semuanya sedih, hiks. “Without looking, I see you. Without listening, I hear you. Your breath is relieving me, just like a windflower. I wish to catch you, but I can’t. I wish to reach you, but I couldn’t. I’m revived into your heart, just like a windflower. Getting shattered in the winds. Getting shattered into your hearts.”
바람꽃(Wind Flower) – 예송(Yesong)/아이유(IU)
[Album] VA – 선덕여왕(Queen Seon Duk) OST [2009.09.14]
#6 바람꽃(E.S) (예송)
#11
바람꽃(E.S) (아이유)

Official Music Video (IU Version)

 Music Video (Live performance) (Yesong Version)
Complete lyrics, romanization & translation here.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Turn off the fan, grab the jacket, and go outside.
Let's enjoy the real blowing wind!

Article’s Notes:
>> Ulasan ini saya tulis berdasarkan isi lagu, jadi kalo isinya kadang agak2 bercanda ato interpretasi saya agak meleset, harap dimaklumi saja, hahaha.
>> Lirik lagu saya cuplik dari English translation yang bisa dibaca selengkapnya melalui link yang saya sediakan. Lirik yang tertulis sedikit saya sunting untuk mengambil essence dari lagunya, dan juga demi keringkasan, hehehe.
>> Saya juga memberikan keterangan mengenai single atau album dari lagu bersangkutan, karena ada lagu yang dirilis lebih dari satu kali atau dinyanyikan dalam versi yang berbeda, asal masih dalam jangkauan pengetahuan saya.

Artist/song’s Notes:
>> Rasanya sedih banget kalo dengerin lagu The Wind Blows, padahal Lee So-ra nyanyinya cuma berdiri ato duduk sambil nunduk doank, suaranya udah ekspresif. Video yang saya sisipkan di artikel di atas adalah live performance, karena menurut saya lebih menyentuh. Jika sodara penasaran ingin melihat MVnya, bisa dilihat sendiri (Lee So-ra – The Wind Blows MV). Lagu lama ini kembali mencuri perhatian saat dinyanyikan dalam drama musikal Mnet & tvN’s Monstar (Monstar’s Park Kyu-dong & Min Se-yi – The Wind Blows).
>> Love Wind yang dinyanyikan Wax ini adalah OST sageuk-drama Empress Ki. Seperti bisa dilihat dalam video musiknya, Ki Seung-nyang (Ha Ji-won) terjebak diantara Wang Yoo (Joo Jin-mo) dan Ta Hwan (Ji Chang-wook). Drama ini menggambarkan perjuangan sang putri memperjuangkan pengaruh negeri Goryeo dari Dinasti Yuan. Oh ya, drama ini sedang dalam masa tayang di Korea sono.
>> Lagu om Naul ini emang mind blowing, liriknya sangat menyentuh dengan nuansa ballad-melody yang mello abis. Apalagi MV Memory of the Wind dibintangi Lee Ki-woo yang ganteng dan Jung Eun-chae yang cantik. Akting mereka berhasil menambah suasana menjadi lebih melankolis lagi. The MV unfolds story about a girl who’s about to marry her prince charming (the handsome who even comes riding horse, hahaha). She reminisces her childhood memory about her father who sacrificed his life to save her. It’s like she’s thanking her father for those memories, now that she’s going to walk forward.
>> Om Young Joon yang punya suara keren ini menyanyikan Song of the Wind sebagai OST time-travel-sageuk-drama SBS’s Faith. Dalam drama ini, the Goryeo warrior Choi Young (Lee Min-ho) menempuh lorong waktu lalu menculik Yoo Eun-soo (Kim Hee-sun) yang seorang dokter di masa modern lalu dibawa ke masa lalu. Usut punya usut, selanjutnya mereka jatuh cinta dan harus memperjuangkan cinta mereka melintasi batas ruang dan waktu (bahasa saya lebay ya, karena ceritanya emang lumayan lebay gitu, hahaha).
>> Lagu Wind Flower dinyanyikan dalam dua versi (IU dan Yesong) untuk mengisi OST sageuk-drama MBC’s Queen Seon Duk. Musik iringan untuk masing2 versi ini dititikberatkan pada instrumen yang berbeda sehingga memberikan aura yang berbeda pula. Versi cewek menggambarkan Princess Deok Man (Lee Yo-won) yang sebenarnya cinta mati pada Kim Yoo-shin (Uhm Tae-woong) tetapi kasihnya tak sampai karena perbedaan status. Selanjutnya, versi cowok berkisah tentang Bi Dam (Kim Nam-gil) yang jatuh hati pada Deok Man, tetapi cintanya serasa tak pernah kesampean juga, gak jelas deh. Bi Dam selanjutnya malah mati dalam pertempuran, yahhh, untuk selengkapnya mending nonton dramanya sendiri, hahaha.

See you at the next tunes!
Salam lestari, Tien ^^

Credits/Sources:
[herbmusic.net] [k2nblog.com] [youtube.com: 1a, 1b, 1c, 2, 3, 4, 5a, 5b]
[beautifulsonglyrics.blogspot.com] [colorcodedlyrics.com]
[urikoreanlyrics.wordpress.com] [popgasa.com] [alcoholism.egloos.com]

Comments

Popular posts from this blog

Afgan - Wajahmu Mengalihkan Duniaku [Lyrics with English Translation]

Sirkulasi Darah pada Janin Manusia (Human Fetal Blood Circulation)

Afgan - Bukan Cinta Biasa [Lyrics with English Translation]