Facial Feature; Handsome Actor’s Asymmetric Yet Powerful Eyes



Tatap mata saya!
Artikel kali ini mengharuskan sodara2 untuk menatap dengan sepenuh jiwa-raga pada foto-foto yang saya posting. Bagi yang membutuhkan bantuan penglihatan (pasang kacamata, lensa kontak atau pakai kaca pembesar, hahaha), silakan disiapkan dulu ya... @_@
Hal yang maha-penting untuk menjadi selebriti beken, tentu saja bukan cuma talented saja ya. Physical appearance adalah jawaban lainnya, especially facial feature! Mata, hidung, bibir, pipi, dagu, lesung pipit dst., aduh banyak yahhh... Everyone has his/her special facial feature, sodara2 yang lagi baca juga pasti punya (silakan berkaca dulu deh). Bagi orang Korea, salah satu facial feature yang super-penting adalah bagian mata. Mata yang besar dilengkapi lipatan kelopak mata dianggap mata yang cantik. Saya juga gak tahu kenapa ya, mungkin karena sifat ini akan membuat orang stand-out karena terlihat berbeda yang lain, yang jelas ini adalah common sense yang turun-temurun di sono.
Entah sipit atau belo, mata sebagian besar orang biasanya simetris (mata kanan adalah pencerminan mata kiri dan sebaliknya). Tetapi setelah lumayan lama menjelajahi dunia perfilman Korea, ternyata eh ternyata saya menemukan aktor-aktor ganteng yang matanya asimetris. Siapa saja sih yang bagian matanya tertangkap pengamatan saya, kita mulai dari yang paling usianya muda aja ya.

Pertama, Kim Woo-bin (김우빈)
Satu lagi aktor pendatang yang lumayan baru yang mencuri perhatian para netizen akhir-akhir ini, the-well-built-model-turning-actor Kim Woo-bin. Saya mulai mengenal Woobin-ie (jiahhh, kapan kenalan coba?) saat menonton seri drama To The Beautiful You, dilanjutkan A Gentleman’s Dignity, walaupun perannya numpang lewat aja. Selanjutnya, Woobin dapat peran yang lumayan di School 2013 dan The Heirs (judul yang terakhir sedang dalam masa tayang di channel SBS, tiap Rabu-Kamis jam 10 malem KST), movie Woobin yang baru juga udah rilis, Friend 2
김우빈
Yang suka ngeliatin Woobin lekat-lekat pasti tahu kalo matanya yang sebelah kiri lebih besar. Perbedaan ini memang kurang terlihat di foto, tetapi kalo diliatin pas akting ntar keliatan (apalagi kalo pas senyum mata kanan jadi lebih sipit lagi). Btw, dari ber-googling foto2, saya ngerasa Woobin tuh keliatannya aja cool pas pictorial photoshot ato catwalk session (tuntutan pekerjaan sebagai model kali ya), tapi giliran foto selfie ternyata aegyo, suka pamer puppy eyes dan menampilkan V-sign (ini kesimpulan sepihak saya, hahaha). Woobin mungkin ketularan aegyo dari Lee Jong-suk pas maen bareng School 2013, ditambah lagi juga bergaul dengan The Heirs’s Park Hyung-sik (MBC Real Man’s baby soldier, boyband ZE:A’s maknae). Mungkin juga, Woobin udah dari sononya sifatnya emang gitu kali atau karena tuntutan sebagai seorang public figure (apalagi kalo harus muncul di variety show). *Eekkk
Cool Woobin
Cute Woobin

Kedua, Kim Soo-hyun (김수현)
Lain lagi dengan the-young-prodigy-cf-king-actor Kim Soo-hyun, yang berhasil mencuri perhatian saat maen hit drama Dream High Season 1. Sebenarnya Soohyun-ie (saya manggilnya sok akrab yah) sudah maen pelm dari masih sangat muda walo perannya kecil (Will It Snow for Christmas?) maupun menjadi young counterpart cast (Giant). Setelah Dream High, Soohyun bermain sageuk drama The Moon That Embraces The Sun, movie The Thieves serta spy-movie Secretly and Greatly, yang semuanya sukses di pasaran, dan tentu saja Soohyun laris-manis menjadi model iklan (CF). Dramanya yang paling baru, Man From The Stars  juga bentar lagi tayang di channel SBS (rencananya bakal menggantikan The Heirs, nanti bulan Desember).
김수현
Ke-asimetris-an mata Soohyun lumayan keliatan lewat foto. Mata Soohyun kan high-end-slanted (maksud saya sipitnya miring dengan ujung mata cenderung lebih tinggi, hehehe, maklum istilah bikinan sendiri). Mata sebelah kiri terlihat lebih besar karena ada lipatan kelopak mata yang mengintip, sedangkan mata kanan lipatan mata kurang terlihat. Soohyun juga cenderung menyipitkan mata kanan saat smiling atau smirking. Btw, dari hasil stalking, pictorial Soohyun favorit saya adalah hasil photoshot untuk merk Bean Pole (outdoor wearing edition) bareng Suzy yang temanya cenderung heart-warming nan romantis (efek Dream High’s couple belum hilang juga neh). *Eemmm
Soohyun & Suzy for Bean Pole

Ketiga, Kang Dong-won (강동원)
Nah, yang selanjutnya adalah favorit saya: the-big-eyes-genius-model-turned-actor Kang Dong-won. Saya mulai ngefan Dongwon-oppa setelah nonton movie Jeon Woochi-The Taoist Wizard yang lumayan kocak. Saya ngefan bukan hanya karena physical-appearance saja, tetapi karena beberapa hal lain. Sang aktor emang jenius beneran karena sebelum kuliah perfilman, lulus Mechanical Engineering di Hanyang University dengan predikat with Honors, kuliahnya nyambi jadi model juga (IQnya 137, what!). Selain itu, Dongwon-oppa sudah lama sekali tidak ambil job drama-seri dan lebih aktif maen movie (kayak Won Bin). Dahulu kala, waktu masih awal2 debut berakting dia emang cenderung ambil tema rom-com. Setelah lebih serius berakting, peran yang diambil lebih variatif dan unik.  Peran Dongwon-oppa di movie Duelist sebagai yeppeun assassin dan sebenernya berhati lembut membawanya sukses sebagai young top actor (waktu itu kan masih muda, hahaha). Selain peran hero, ia juga tidak segan mengambil peran antihero (The Voice of Murderer dan Haunters/Psychic). Dalam 2-3 tahun terakhir, Dongwon-oppa memang kurang mendapatkan spotlight, karena menjalankan wamil (untung udah selesai, yeay!). Karya terbarunya yang saya tunggu2 adalah sageuk movie Kundo: Age of the Rampant, yang katanya akan rilis awal tahun depan (semoga aja dicepetin jadi akhir tahun ini, amin, ngareeep!).
강동원
Mata besar yang asimetris punya Dongwon-oppa jelasss banget bagi saya (berhubung saya ngefan, hahaha). Mata sebelah kiri memiliki lipatan mata yang lebar, sedangkan mata kira lipatan mata tidak terlalu jelas. Mata Dongwon-oppa yang besar memang jadi daya tarik tersendiri sehingga bisa masuk daftar ulzzang (Korean people with best facial features: big eyes, small head, etc.). Btw, setelah sering stalking via google, tema pictorial Dongwon-oppa belakangan lebih manly-handsome, dulu kan lebih cutie-handsome. Perubahan ini jelas masuk akal, mungkin sekali karena bertambahnya usia sehingga image yang ditampilkan juga berubah (udah gak cocok sama konsep aegyo lagi, hahaha). *Eerr
Dongwon (before)
Dongwon (after)
Mata yang berbicara (jiahhh... :D), saya sekalian menampilkan kemampuan mata para aktor tersebut yang bikin para fangirl (eh,  mungkin para fanboy juga yah) pada swoon (saking gimana gitu, wkwkwk). Baik dalam pose gazing-smirking atau laughing-smiling, mata turut menambah kegantengan aktor2 ini.
(>.<)
(^.^)

Nah, mari kita kembali ke topik yang jadi headline, the asymmetric eyes. Mata yang asimetris mungkin sebenarnya suatu kekurangan, tetapi karena suratan takdir mereka sebagai idola, kekurangan ini malah jadi senjata ampuh. Bayangkan saja mereka tanpa keunikan ini, kok rasanya jadi lebih biasa2 aja. So, buat sodara2 semua yang merasa punya kekurangan, mungkin saja kekurangan itu adalah powerful weapon yang menunggu untuk dipergunakan sebaik-baiknya, think wisely, pals.

..^^..

Tien’s notes:
Kenapa sih saya ngepost artikel yang gak penting ini, karena saya sendiri juga punya mata asimetris (alasan yang subyektif sekali, hehehe). Sodara2 tidak percaya, liat aja foto saya, mata saya yang sebelah kiri lebih tinggi dan punya lipatan mata yang lebih lebar (lumayan nih, bisa bikin2 kesempatan buat majang foto sendiri, latihan narsis, wkwkwk). Saya jadi berpikir kenapa semuanya (termasuk saya) memiliki mata kiri yang cenderung lebih besar daripada mata kanan. Hal ini mungkin (maybe, maybe, maybe) berhubungan dengan aktivitas badan yang biasanya lebih berkembang di bagian kanan, jadi mata kanan lebih sering menyipit dan berkedip (rata2 orang kan right-side-oriented).
Okehhh, sebelum anda semua pingsan gara-gara musti melototi foto saya, silakan scroll lagi mouse ke atas (biar fresh lagi). Saya mau nerusin stalking oppa-oppa ganteng yang laen. *mata melek* o_O

Salam lestari, Tien :)


Comments

Popular posts from this blog

Afgan - Wajahmu Mengalihkan Duniaku [Lyrics with English Translation]

Sirkulasi Darah pada Janin Manusia (Human Fetal Blood Circulation)

Afgan - Bukan Cinta Biasa [Lyrics with English Translation]